Kuliah di La Rochelle? Ini dia kisah Riris!

Buat kalian mahasiswa jurusan sastra Prancis, bisa pergi ke Prancis untuk adalah impian yang ingin dicapai bukan? Apalagi jika kalian bisa pergi ke Prancis melalui jalur beasiswa, tentunya itu merupakan suatu pencapaian yang sangat membanggakan bagi kalian semua.

Tentunya, banyak dari kita yang ingin melanjutkan studi di Prancis, iya kan? Nah, ini ada sedikit cerita dan pengalaman dari Rizky Dea Tsabitha, atau yang biasa dipanggil Riris, teman kita angkatan 2012 ini yang tahun lalu berhasil pergi ke Prancis tepatnya ke La Rochelle melalui jalur beasiswa.

Menurut Riris saat diwawancara, pergi ke Prancis memang sudah menjadi cita-citanya semenjak awal memilih kuliah jurusan di sastra Prancis. Awalnya teman kita ini berniat mengikuti program summer course, namun karena DELF-nya belum memenuhi syarat, impiannya harus ditunda terlebih dahulu. Setelah berkdiskusi dengan dosen – dosen penanggungjawab, mereka menyarankan untuk mendapatkan DELF B2 agar lebih mudah untuk mendapat beasiswa ke Prancis, dari situ dia merubah cara belajar menjadi lebih serius lagi, dan mengikuti kelas preparation DELF B2. Perjuangannya selama 6 bulan akhirnya membuahkan hasil, tak hanya itu, dia juga berkali-kali merevisi motivation letter yang untungnya dibantu oleh Madame Nany, akhirnya Riris berhasil mendapatkan beasiswa di La Rochelle yang memang menjalin kerjasama dengan Universitas Padjadjaran.

Singgah di Prancis seorang diri merupakan pengalaman pertama bagi Riris, karena itu perasaan bingung dan shock karena perbedaan culture dan kebiasaan sangat terasa olehnya. Tapi untungnya, di Prancis dia dibantu oleh kakak tingkatnya yang sedang ada di Paris. Namun, meskipun sudah menguasai bahasa Prancis, Riris masih merasa kesulitan dalam bersosialisasi dan berteman dengan orang Prancis di La Rochelle, karena memang personality mereka yang lebih individualis, ketimbang orang Indonesia. Tak berbeda jauh dengan kehidupan sosialnya, di kelas pun dia merasa kesulitan dalam memahami penjelasan dosen, tak jarang teman kita ini merekam penjelasan dosen dan didengarkan kembali saat di apartemen, hal itu dirasa cukup membantunya dalam belajar.

Tentu saja banyak sekali pengalaman dan pembelajaran yang di dapatkan selama berada di La Rochelle. Ada beberapa hal yang menurutnya bisa diambil pelajaran dari orang orang Prancis, misalnya sifat disiplin mereka, keaktifan, dan juga kritis. Kritis disini bukan untuk menjudge orang, tapi memang kritis yang membangun.

Sebagai penutup, Riris memberkian beberapa tips buat kalian yang mau dapet beasiswa ke Prancis. Yang pertama mempunyai minimal IPK kalian 3 dan kalau bisa naik setiap semester, minimal memunyai DELF B2, sikap dan keaktifan, karena sikap juga merupakan salah satu penilaian dari dosen.

Well, itu sebagian cerita yang disampaikan oleh Riris tentang pengalamannya belajar di La Rochelle. Luar biasa sekali kan? Buat kalian yang punya cita-cita berangkat ke Prancis jangan menyerah dengan cita-citan kalian ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *