Marsha, Delegasi Harvard National Model United Nations

 

Belum lama ini, salah satu mahasiswi Sastra Prancis terpilih menjadi delegasi untuk Harvard National Model United Nations. Marsha Rachmanda yang akrab dipanggil Chaca ini terpilih dari sekian banyak kandidat untuk pergi ke Boston. Pada bulan Februari kemarin acara tersebut berlangsung.

“Model United Nation, jadi itu mahasiswa-mahasiswa yang melakukan simulasi konferensi kayak PBB. Disana mahasiswa yg terpilih mengasah kemampuan leadership, negosiasi, soft skill, improve skill Bahasa Inggris juga. Selain itu juga dapet networking/channel sama mahasiswa lain disana.” Ketika ditanya tentang MUN. Kurang lebih selama seminggu Marsha dan mahasiswa Unpad lainnya berada disana.

1459870066828

“Selama seminggu di Boston kita banyak ngelakuin kegiatan, opening closing ceremony, 4 hari berturut turut kita ngadain konferensi. Terus kegiatan lainnya ada cocktail hour, delegates dance, minum-minum gitu, yang formalnya sih itu. Terus ada tour campus Harvard juga, panitia nya tuh kan mahasiswa Harvard semua. Dari Indonesia juga total ada 9 universitas yang ikut.” tuturnya. Selama kurang lebih 8 bulan mengikuti pelatihan, tentu dengan mengikuti kegiatan ini membuat Marsha senang, selain mendapatkan banyak teman, banyak ilmu dan pengalaman yang berharga dia dapatkan dari kegiatan ini.

“Kemampuan bahasa inggris juga jadi bertambah, improve public speaking, expand networking juga jadi banyak link gitu disana, develope knowledge sama pengalaman yang gak bisa dilupain pokonya”. So, temen temen juga jangan takut buat melakukan hal baru ya, seperti kata Marsha “Jangan pernah takut untuk melakukan hal yang baru, push your limit! Cause you are capable more than you think.” 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *