Sejarah

Fakultas Sastra Universitas Padjadjaran didirikan pada tangal 12 Agustus 1960 melalui surat keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 66971. Pada awalnya, Fakultas Sastra Universitas Padjadjaran hanya memiliki lima jurusan, yaitu Sastra Indonesia, Sastra Sunda, Ilmu Sejarah, Sastra Inggris dan Sastra Perancis. Pada tahun 1963/1964 didirikan beberapa jurusan baru, yaitu Sastra Jepang, Sastra Jerman, Sastra Rusia, dan Sastra Arab.
Himpunan Mahasiswa Sastra Perancis (HIMAPER) baru berdiri dua tahun setelah berdirinya Sastra Perancis, yaitu pada tahun 1962. Ketua pertama HIMAPER adalah Bapak Budiman Saleh yang pernah menjadi staf pengajar Sastra Perancis di Universitas Padjadjaran.
HIMAPER didirikan dengan tujuan membantu proses belajar mahasiswa Sastra Perancis di lingkungan Universitas Padjadjaran pada khususnya dan kegiatan-kegiatan lain serta lingkungan yang lebih luas pada umumnya, seperti peran dalam Ikatan Mahasiswa Studi Perancis se-Indonesia (IMASPI) yang aktif dalam kegiatan studi komparasi yang melibatkan seluruh jurusan Sastra Perancis seluruh Indonesia.
Sebagai salah satu himpunan yang terdapat di Fakultas Sastra Universitas Padjadjaran, HIMAPER tidak terlepas dari kegiatan sastra dan seni seperti Teater, Kabaret, dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *