Shofwan Si Pelantun Puisi

 

Satu lagi orang yang mengharumkan nama Sastra Perancis Unpad dengan memenangkan lomba puisi yang diadakan oleh IFI dalam rangkaian acara La Francophonie tidak lama ini. Ya, dia adalah Shofwan, mahasiswa sastra perancis 2014 kelahiran Bandung ini emang terkenal sekali dengan kemahirannya dalam berbahasa.

“Rasanya, c’est super. Seneng banget, merasa diakui, soalnya itu puisi bikinan sendiri.” Terangnya, ketika ditanya bagaimana perasaannya memenangkan juara 1 di lomba puisi tersebut. Puisi yang ia bacakan berjudul “Il le temps” itu, menceritakan rasa sayang anak kepada ibunya. Shofwan sendiri mulai menulis sejak di bangku SMP. Kala itu ia juga mengikuti lomba serupa, yaitu lomba balada puisi tingkat kota Bandung dan meraih juara harapan 2.

Selain kuliah, Shofwan juga mengajar di salah satu lembaga kursus bahasa Inggris dan menerima panggilan les privat ke rumah. Ada sedikit tips nih dari Shofwan gimana caranya menulis dan membaca puisi yang benar “Kita cuma harus mengungkapkan perasaan kita, itu aja.  Terus ya diperindah dengan rima, aliterasi dan asonansi, juga dengan memanfaatkan berbagai majas. Kalo cara bacain puisi, yang pertama kita harus ngerti makna puisi itu terus hayati, tempatkan diri kita seperti yang ada dalam puisi itu dan jangan lupa pelafalannya harus jelas. Intinya, kalo baca puisi itu harus bisa menyampaikan pesan yang ada di dalam puisi itu lewat intonasi, ekspresi dan gestur.”

Itulah tips yang tentunya sangat bermanfaat dari Shofwan. Semoga mahasiswa Sastra Perancis akan lebih banyak lagi yang meraih prestasi ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *